Tuesday, October 17, 2017

Tahapan Teknis Pendataan UN Kertas / UNBK


Tahapan Teknis Pendataan UN Kertas / UNBK

Sampurasun para operaor sekolah, alhamdulilah kita berjumpa kembali pada kegiatan Pendataan Ujian Nasional TP 2017 / 2018.
Untuk mencegah hal hal lupa atau gagal paham, mari kita ulas satu persatu supaya gamblang.
Sebetulnya langkah teknis ini sudah saya sharingkan pada tahun lalu, tetapi karena banyak sekolah  yang tidak ber literasi dengan baik yang melakukan teknis di luar prosedure yang ada dan akhirnya menyalahkan orang lain, padahal stepnya sudah jelas di paparkan.

Sebelum kita berjalan lebih jauh alangkah lebih baiknya jika kita samakan dulu persepsinya:
1. Data yang di ambil untuk UN / UNBK TP 2017 / 2018 adalah bersumber dari Dapodik dan Verval PD. (Mohon pahami)
2. Update data dan perapihan data peserta UN / UNBK dari Aplikasi desktop Dapodik (Nomor NIS, Nomor peserta un sd, nomor seri ijasah dan nomor seri skhun) Jangan Lupa di sinkronkan.
3. Edit Data Peserta UN / UNBK untuk Nama, tanggal lahir, tempat lahir, nama orang tua. menggunakan verval pd berdasarkan dokumen siswa bersangkutan (ijazah, akte, kk). link: vervalpd.kemdikbud.go.id
konfirmasi dilakukan oleh operator admin dapodik kabupaten / kota.
setelah di konfirmasi silahkan lakukan synchronisasi agar data yang sudah valid masuk ke lokal.
lalu synchronisasikan 1 kali lagi agar data tersebut masuk ke PDUN.
4. Jika ada ketidaksesuaian data NISN antara di ijasah sd dengan data NISN peserta un di data referensi NISN.DATA.KEMDIKBUD.GO.ID ataupun
ada ketidaksesuaian data NISN antara di ijasah sd dengan NISN di aplikasi dapodik satminkal anda sekarang maka dapat di edit di vervalpd.kemdikbud.go.id dengan mengupload ijasah sd nya.
konfirmasi dilakukan oleh operator admin dapodik pusat.
setelah di konfirmasi silahkan lakukan synchronisasi agar data yang sudah valid masuk ke lokal.
lalu synchronisasikan 1 kali lagi agar data tersebut masuk ke PDUN.
5. semua data yang sudah di sych melalui aplikasi dapodik akan masuk ke website pdun.data.kemdikbud.go.id
dan berikut langkahnya di pdun:
- Masuk ke alamat web verifikasi data calon peserta UN 2017 dapodik di pdun.data.kemdikbud.go.id
- Browser anda akan diarahkan ke halaman login manajemen operator dapodik, ketikkan username dan pasword aplikasi dapodik sekolah anda pada form yang tersedia.
seperti contoh gambar:
setelah login akan muncul seperti ini:
- Pada halaman beranda akan muncul informasi pengguna, dan tiga menu utama. Klik "Calon Peserta UN" Kemudian akan muncul data peserta UN sekolah anda. Silahkan lakukan cek data peserta didik dimulai dari Nama, Jenis Kelamin, NISN, Tempat dan Tanggal Lahir, Agama, nama ayah, NPSN, Nomor peserta UN SD, Nomor seri SKHU dan Ijazah, NIS, dan NIK.
Untuk perbaikan Nama, Tempat tanggal Lahir, Jenis kelamin, dan NISN, lakukan melalui Vervalpd. Sedangkan untuk data lainnya bisa diperbaiki melalui aplikasi dapodikdas.
- Selanjutnya Jika data tersebut sudah valid dalam artian sudah benar semua, klik tombol "pengaturan Nomor Kursi" untuk mengatur nomor urut rombel agar nanti file nya bisa diunduh
- Pilih Nomor Urut rombel, contoh untuk jumlah rombel sekolah saya ada 9, jadi saya urutkan berdasarkan kelas. dari 01-09. jika sudah dipilih jangan lupa klik tombol simpan agar perubahan berhasil, seperti penampakkan gambar dibawah.


Berikutnya mengunduh file UN format Dz, untuk diserahkan ke panita UN di Dinas Kabupaten/kota, klik tombol unduh peserta UN, klik Ya jika data sudah benar, jika belum klik tidak,
- Lampiran berikutnya adalah berita acara, serah terima pendaftaran calon peserta ujian nasional, silahkan anda Download dengan mengklik tombol "Unduh Berita Acara" kemudian di cetak untuk diserahkan ke panitia UN Dinas pendidikan kabupaten/kota.


Cara memasukan Peserta UNBK ke https://ubk.kemdikbud.go.id/simulasi.
Silahkan masukan file dz yang sudah ok di upload biodata
◄ Posting Baru Lihat Postingan Lama / Sebelumnya ►
 

Copyright © 2012. PENDASMEN - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz